Beragam Efek Visual di Desktop

PhotobucketJika Anda sudah cukup senang dengan sistem operasi Windows XP walau dengan tampilan yang sederhana, berkutat selama hampir delapan tahun lamanya, tidak ingin meng-upgrade-nya ke Vista yang memiliki tampilan visual dan efek menarik seperti Aero Glass, Flip 3D, dan efek lainnya. Oh atau mungkin Anda menunggu Windows 7 yang memiliki efek lebih cantik dan tidak memakan banyak sumber daya komputer. Bagaimana dengan Mac OS X yang terkenal luas memiliki efek visual yang cantik dan menjadi pionir dlaam hal ini, lalu tidak ketinggalan Linux pun bisa tampil lebih dinamis dan menarik dengan aplikasi Compiz Fusion yang dilengkapi banyak plugin efek visual menarik. Bagi yang masih tetap bertahan dengan XP walau dengan banyak godaan yang datang dari ssitem operasi lainnya sekarang sudah ada seorang programmer dan desainer (samiwieciekto) yang sepertinya sama seperti Anda yang tidak bisa berpindah ke lain hati dan berusaha untuk membuat agar lingkungan dan tampilan dari Windows XP Anda menjadi semakin semarak.


Nimi Visuals yang awalnya bernama Tophaz adalah aplikasi kecil yang membawa 23 macam efek berbeda untuk memanipulasi fungsi dan tampilan desktop secara gratis di Windows XP, Vista, dan bahkan 7. Jangan lupa juga untuk menginstal .NET 2.0 yang menjadi prasyarat untuk dapat menggunakan aplikasi ini. Melalui ikon Nimi yang tampil di taskbar Anda bisa mencoba untuk mengaktifkan satu atau beberapa efek yang tersedia, cukup dengan mengklik ikon yang melambangkan tiap efek. Atau jika kurang jelas disediakan pula keterangan singkat yang akan tampil di bagian bawah saat Anda mengarahkan kursor ke salah satu ikon. Manajemen memorinya cukup baik dengan penggunaan saat aktif kurang dari 10 MB.




Photobucket

Beberapa efek yang tersedia sepertinya terinspirasi dari efek yang bisa kita temui di Mac OS X dan beberapa efek dari Compiz di Linux, selain juga efek visual dari Windows Vista dan 7. Untuk menghindari konflik antara satu efek dengan efek yang lainnya, maka saat salah satu efek diaktifkan aplikasi akan memuncul ikon tanda seru pada beberapa efek lain yang dapat menimbulkan konflik atau gangguan jika efek tersebut diaktifkan secara bersamaan.



Photobucket


Aplikasi ini bersifat portable, jadi Anda dapat langsung mengeksekusi aplikasi ini tanpa perlu menginstalnya terlebih dahulu. Semua pengaturan dan data disimpan pada folder User Application. Menggunakan aplikasi ini relatif aman, karena tidak diinstal dan tidak meninggalkan jejak registry, maka Anda tidak perlu takut aplikasi ini menimbulkan masalah jika terdapat bug. Setelah aplikasi ditutup maka pengaturan desktop akan kembali seperti semula. Jika Anda ingin mengaktifkan efek-efek dari Nimi setiap kali startup, bisa dengan memberi centang kotak di bagian pojok kiri bawah dari program.

Inilah daftar efek-efek visual yang terdapat pada aplikasi Nimi, dan pengembangnya mengatakan kalau aplikasi ini akan terus dikembangkan secara rutin, penambahan fitur baru setiap beberapa kali dalam sebulan dan perubahan/ update besar tiap satu bulan. Jadi pantau terus perkembangan dari aplikasi ini menjadi semakin sempurna.

Efek Tansparan dan Bayangan



* Desktop windows shadow - mengubah semua jendela yang aktif menjadi transparan pada saat bagian dari desktop diklik. Dan klik pada jendela transparan untuk mengaktifkannya lagi.
* Window fading in on creation - jendela memudar pada saat dibuka/ aktif
* Contrast screen - membuat konstras tampilan antara jendela yang aktif dengan yang tidak aktif. Jendela aktif tampil seperti biasa sedangkan jendela yang tidak aktif memudar.
* Taskbar and start menu blurred background - Taskbar dan start menu menjadi transparan dengan latar belakang yang menjadi blur
* Taskbar and start menu transparency - Taskbar dan start menu menjadi transparan (tanpa efek pudar)
* Transparency on window move and resize - Jendela berubah menjadi transparan pada saat digerakkan dan dirubah ukurannya.
* Taskbar shadow - bagian belakang taskbar terdapat efek bayangan
* Transparent window borders - merubah beberapa bagian tepi dari jendela menjadi transparan dengan menggunakan garis batas dari tema bawaan.
* Invisible desktop - menyembunyikan semua icon di desktop ketika kursor tidak dalam keadaan fokus di sana.



Efek Jelli



* Window kinetics - saat jendela digerak-gerakkan maka akan ada efek seperti bayangan jendela yang tertinggal di belakang
* Jelly windows - merubah bentuk dari jendela berdasarkan arah dari jendela tersebut dipindahkan atau digerakkan, efeknya jendela bergoyang-goyang seperti kertas elastis.
* Window bounce - Saat baru diaktifkan jendela akan bergerak-gerak ke atas dan ke bawah seperti memantul.


Efek Ilusi



* Window titlebar sparkle - pada saat jendela baru saja dibuka atau dipilh maka akan muncul efek kilauan cahaya yang berkedip pada bagian ujung kiri atas dari jendela.
* Contrastful windows - Jendela yang tidak aktif akan berubah warna menjadi hitam putih



Lain-lain:



* Window quiver - mengaktifkan fungsi minimize dan menampilkan kembali jendela yang diminimize dengan klik dan drag dengan membuat gerakan mengguncang-guncangkan salah satu jendela.
* Picture board - mengambil secara acak beberapa file gambar yang terdapat pada folder My Picture atau folder Nimi di C:\Documents and Settings\Administrator\Application Data dan menampilkannya sekaligus
* Picture highlight - mengambil secara acak satu file gambar yang terdapat pada folder My Picture, setiap kali layar desktop diklik
* Screen frost - wallpaper yang ada pada desktop dipenuhi kristal-kristal es
* Window edge snap - mempermudah dalam menempelkan antar jendela dengan cepat dan tepat atau juga menempelkan jendela dengan tepi layar.
* Window edge maximize - memperbesar ukuran jendela menjadi setengah dari lebar layar ketika jendela didrag ke bagian luar dari tepi layar
* Showcase - tekan kombinasi tombol keyboard Windows + Tab untuk berpindah-pindah antar jendela program yang ditampilkan secara 3D, seperti efek cover flow di iTunes.


Di bawah ini Anda bisa menyaksikan secara langsung demo mengenai penggunaan dari tiap-tiap efek yang terdapat pada aplikasi Nimi Visuals:





Efek Tulisan Membara di Desktop
Sebagai tambahan saja, aplikasi bernama Napalm ini dibuat dengan inspirasinya berasal dari salah satu plugin efek di Compiz, yaitu Fire. Jadi, aplikasi tersebut memungkinkan Anda untuk dapat membuat garis, bentuk, atau tulisan dengan efek nyala api yang membara pada layar desktop. Klik tombol Start over dan menekan tombol kiri tetikus kemudian mulai buat gerakan untuk memunculkan api. Untuk semakin mengoptimalkan tampilannya, Anda bisa atur warna, saturasi, cahaya, seberapa besar/ ketebalan nyala apinya, efek animasinya, dan masih banyak pengaturan lain yang tersedia. Efek api yang sudah susah payah Anda rancang bisa disimpan dan ditampilkan untuk kesempatan yang lain.

Sekilas kita melihat efek tulisan berapi di desktop ini tidak ada manfaatnya selain untuk senang-senang atau hiburan saja, tapi jika dipikir lagi aplikasi ini cukup bermanfaat untuk meninggalkan pesan yang mencolok saat Anda meninggalkan komputer, mungkin bisa menimbulkan efek takut bagi mereka yang mencoba iseng.



Photobucket






donasiSilahkan kirimkan Donasi anda seikhlasnya berupa uang/pulsa (Klik Gambar kado disamping) untuk perkembangan blog ini dan Proses pembelajaran untuk sahabat.

Azis Lamayuda Penulis :  Azis Lamayuda | BLOG : Do The Best To Get The Best
Saya hanyalah seorang yang sedang belajar dan berbagi pelajaran dengan siapapun. Blog ini dibuat untuk memudahkan kalian yang sedang belajar sama seperti saya.

Jika Anda ingin artikel Beragam Efek Visual di Desktop dikirim ke email anda, Silahkan masukan alamat email anda untuk berlangganan.

JANGAN LUPA CEK EMAIL ANDA UNTUK VERIFIKASI BERLANGGANAN VIA EMAIL

 
 
footerline
© Copyright 2010 AZIS LAMAYUDA | powered by Blogger
Say hello to me.